• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : kpi@iainmadura.ac.id

Komunikasi dan Penyiaran Islam

Institut Agama Islam Negeri Madura

Menggapai Revolusi Industri 4.0 dengan Desain Grafis, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FAUD) menggelar Kuliah Tamu


Fakultas Ushuluddin dan Dakwah yang notabene masih baru lahir ini, melesat bersama dan untuk mengikuti dinamika globalisasi. Hal ini dibuktikan dengan terhelatnya Kuliah Tamu oleh Bapak Sutrisno (Penata letak harian Jawa Pos Radar Madura). 


Sebagai bagian dari FAUD, yang juga bergelut di dunia media dan digital, serta berangkat dari kegelisahan mahasiswa tentang dinamika desain grafis yang makin marak dengan aktivitas seseorang yang dituntut untuk senantiasa instan, maka Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) ingin memberikan pengetahuan dan wawasan serta memberikan pemahaman terkait dunia design grafis yang juga merupakan salah satu mata kuliah yang ada di Prodi KPI. Hal ini juga diadakan agar mahasiswa dapat memahami secara komprehensif dan memiliki kreativitas dalam menghadapi revolusi industri 4.0.


Sejak Abad ke 20 mulai bermunculan kelompok-kelompok desainer di berbagai tempat dan kalangan. Fenomena ini merupakan manifestasi dari revolusi industri 4.0 di bidang desain grafis di Indonesia. Tidak dapat disangkal, bahwa zaman ini ditandai oleh revolusi digital dibidang grafis, sebab mesin ketik dan kertas untuk mengetik sudah lama ditinggalkan. Demikian juga dibidang seni visual, mulai menyingkirkan media konvensional. Misalnya ide untuk lukisan, gambar dan medium grafis, sudah mulai digali pelukis melalui teknik fotografi dan media digital, walaupun hasil final dibuat dengan media konvensional.


Revolusi digital ini menurut Philip B. Meggs dimulai pada akhir tahun 80 atau awal tahun 90-an. Ilmu desain grafis umumnya didasari pengetahuan metode kerajinan (handicraft processes), layout sebuah buku misalnya, visualisasi desainnya disusun liwat tangan; desain huruf berasal dari typesetter, huruf yang sudah di print dipotong-potong lagi dan disusun di atas kertas tebal untuk membuat plat repro (platmaking). Teknik ini di negara berkembang mungkin masih berlanjut sampai sekarang, tetapi teknologi terkini memungkinkan layout di komputer langsung ke mesin cetak. Baik hardware maupun sofware komputer berkembang secara radikal untuk menciptakan sebuah desain grafis.


Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Bapak Umar Bukhori mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sense of globality dari Fakultas yang dipimpinnya. Sehingga kuliah tamu seputar desain grafis ini dilaksanakan prodi KPI (yang saat ini dikomandani Bapak Mohammad Ali Al Humaidy).


Kuliat tamu ini dilaksanakan satu hari, yakni Sabtu, 13 April 2019 yang lalu. Semoga ilmu yang diperoleh mahasiswa bermanfaat ke depan. Horas KPI.

 

Hasil polling sementara

Bagaimana pendapat anda tentang web Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam?

Sangat Baik
44.4 %
Baik
11.1 %
Cukup
11.1 %
Kurang
33.3 %
Pilih polling sekarang

Data Pengunjung

Online 0 Users
Total Hits Hits
Hari Ini 44
Kemarin 495
Bulan Ini 9418
Tahun Ini 25768
Total 99621